• Dosen
  • STIE PARIWISATA API
teacher

Yitno Purwoko

Yitno Purwoko salah seorang pengajar di STIEPARAPI Yogyakarta sekaligus praktisi di sektor pariwisata. Lulus dari STIEPARAPI melanjutkan pendidikan di UGM memperdalam bidang pariwisata. Passionnya di bidang kepariwisataan telah tumbuh sejak masih di bangku kuliah, sambil kuliah beliau menekuni dunia tour and travel dan aktif dalam menjalin kerjasama dengan berbagai fihak. Relasi yang luas tidak mengherankan beliau dipercaya untuk banyak jabatan antara lain di Badan Pengelola Gunung Sewu Unesco Global Geopark, Forkom Desa Wisata DIY, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Gunung Kidul dan mengelola Desa Wisata Institute.

Meskipun kegiatan di luar kampus sangat padat namun komitmen mengajar dan membimbing mahasiswa sangat kuat. Semua konsep yang dikuasai dan pengalaman dimiliki seakan hendak disampaikan semua kepada mahasiswa. Bahkan secara berkala mengundang pelaku pariwisata sebagai dosen tamu untuk mengungkapkan permasalahan dan solusi bisnis. Dengan demikian suatu konsep yang bersifat general dan penuh asumsi dapat dilengkapi dengan kasus-kasus dunia nyata, sehingga mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu dalam bentuk sains tapi juga mendapatkan art nya.

Selain belajar di kelas, secara berkala mahasiswa diajak belajar di luar, langsung terlibat dengan kegiatan wisata, bagaimana mengelola paket wisata, mengembangkan daerah wisata atau membantu kegiatan desa wisata sesuai dengan kegiatan di lapangan. Style yang low profil dan penuh canda menjadi seni tersendiri ketika yang bersangkutan mengerahkan mahasiswa untuk membuat sesuatu tanpa merasa diperintah. Kegiatan lapangan ini sangat menarik bagi mahasiswa karena selalu diikuti banyak mahasiswa bahkan kadang mengalahkan kegiatan lainnya.

Yitno Purwoko merupakan seorang yang siap membantu dalam pengembangan Desa Wisata yang menjadi trend wisata Jogja. Kesediaan meluangkan waktu, tenaga dan pikiran dalam inovasi dan pengembangan ekowisata Pampang, Paliyan, Gunung Kidul menjadi contoh karyanya, yaitu menjadi salah satu dari tim pemikir dan penggerak yang mampu mewujudkan sebuah desa rintisan mendapatkan berbagai penghargaan. Seorang yang tidak mengabaikan setiap undangan kegiatan wisata, bahkan di saat liburnya.

Perkuliahan di STIEPARAPI menerapkan metode belajar berbasis pengalaman, Yitno Purwoko salah satu dosen dari beberapa dosen yang bersinergi mengajarkan mahasiswa agar mempunyai bekal kemandirian dengan ilmu dan amalnya. Perkuliahan diselenggarakan seperti halnya berwisata dengan banyak fenomena dan permasalahan untuk diselesaikan dengan perasaan bahagia, karena belajar adalah menyenangkan. Dengan cara demikian mahasiswa akan lebih mudah menyerap konsep yang cenderung abstrak menjadi pemahaman yang berbekas bahkan mungkin menjadi kenangan.

Semoga terus berkarya. -end-

Terkait

event thumb
01
Mar | 2021

By : Endro Isnugroho

Desa Ekowisata Pampang

event thumb
01
Mar | 2021

By : Endro Isnugroho

Mengapa kuliah di STIEPARAPI?

event thumb
26
Feb | 2021