12 Jan, 2022
Post thumb

Destinasi wisata di Jogja memang tak ada habis-habisnya. Belum lagi wisata buatan yang kini marak dan menjadi hit di Yogyakarta. Terdapat destinasi wisata buatan yang tengah hits di Jogja, yaitu Studio Alam Gamplong.

Studio Alam Glampong ini terletak di Kabupaten Sleman, tepatnya 16 kilometer dari titik nol Yogyakarta. Lumayan jauh, tetapi akan terbayarkan bagi anda atau keluarga yang mencari view foto atau menyukai tour wisata. Tempat wisata yang sering dijuluki mini Hollywood ini menawarkan berbagai desain bangunan unik. Sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai fotografi. Hal itu tak lepas dari pemanfaatan Gamplong Studio sebagai lokasi syuting film. Sultan Agung The Untold Love Story, merupakan film yang mengambil gambar di sini. Film tersebut merupakan film terbaru karya sutradara kenamaan Hanung Bramantyo. Sultan Agung The Untold Story mengambil setting sekitar abad 16 dan 17. Semula tempat ini merupakan lahan desa, yang kemudian dirubah menjadi Indonesia abad 16an. 

Sekitar akhir abad ke-16, Indonesia berada pada kekuasaan Belanda. Sehingga di Gamplong Studio terdapat benteng belanda, bangunan cina, joglo, hingga nuansa betawi. Tentu akan sangat unik bisa berfoto dengan nuansa tempo dulu seperti itu.

Jam Buka

Studio Alam Glampong buka setiap hari, dimulai pukul 09.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki Studio Alam Gamplong, tidak ada tarif khusus yang dibebankan. Tersedia kotak di dekat pintu masuk, dimana pengunjung boleh memberi berapa pun sepantasnya. Jika pengunjung ingin menggunakan fasilitas yang ada, maka pengunjung akan dikenakan biaya lagi berdasarkan list harga dibawah ini :

Tiket MasukSEPANTASNYA
Tiket Kereta TuaRp. 10.000,-
Tiket Museum Habibie & AinunRp. 10.000,-
Tiket Museum Bumi ManusiaRp. 10.000,-
Tiket Galery Antiques & Ruang Rahasia
Rp. 10.000,-
JeepRp. 150.000,-

Awal mula berdiri

Studio ini dibangun atas prakarsa Mooryati Soedibyo, pengusaha sukses pendiri Mustika Ratu. Wanita berusia 91 tahun ini awalnya ingin menyumbangkan sebuah film untuk bangsa. Beliau ingin film tersebut bisa memberikan pelajaran tentang pengembangan karakter dan kepemimpinan.

Atas dasar tujuan tersebut, dipilihlah tokoh Sultan Agung sebagai inspirasinya. Setelah mencari lokasi yang sesuai untuk syuting, dipilihlah Gamplong Studio ini. Setelah syuting selesai, pihak Mooryati Soedibyo menghibahkan studio ini kepada pemerintah daerah setempat.

Lokasi Dan Kontak Gamplong Studio

Gamplong Studio cukup mudah ditemukan. Alamat lengkapnya Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563. Untuk menghubungi Gamplong Studio, bisa melalui Instagram di @gamplong_studio.