17 May, 2021

DESA EKOWISATA PAMPANG

Post thumb

Desa Pampang berada wilayah kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi dapat ditempuh dari arah Yogyakarta ke selatan menuju Wonosari, hingga lampu merah Gading belok ke kanan ke arah Kecamatan Paliyan. Setelah melewati jembatan Karangmojo yang melintasi sungai Jonggring belok ke arah kiri menuju Desa Ekowisata Pampang.

Desa Ekowisata Pampang di deklarasikan awal tahun 2017 dengan rangkaian kegiatan penanaman pohon, pelepasan burung dan penanaman seribu bunga, serta konsep pemikiran yang secara bertahap direalisasikan di lapangan, kini dapat dirasakan manfaat dan romantikanya. Pohon-pohon kini tumbuh menjadi tempat bagi berbagai jenis burung, bunga-bunga menghiasi taman yang melengkapi keindahan lingkungan ketika kita duduk di Gazebo menikmati secangkir teh dan penganan lokal.

Keistimewaan desa Pampang adalah sesuatu yang biasa menjadi istimewa. Secara geografis letak Pampang jauh dari riuhnya jalur perekonomian, tidak memiliki keajaiban alam yang dapat dipertontonkan bagi wisatawan, dan kehidupan sebagaimana desa umumnya bertani dan berkerajinan. Namun dari titik awal inilah justru konsep Community Based Tourism (CBT) dapat diaplikasikan secara nyata, yaitu partisipasi masyarakat dalam mendukung pariwisata desa.

CBT yang menjadikan partisipasi masyarakat tulang punggung pengelolaan pariwisata, paling tidak, pada aspek dasar yaitu kepemilikan dan kepengurusan oleh masyarakat dapat menjadikan pengelolaan desa wisata yang efektif dan mampu membangun kemitraan dengan berbagai fihak (penta helix) dengan baik. Dengan basis masyarakat tahapan berikutnya lebih mudah diujudkan melalui kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan peningkatan kualitas lingkungan.

Stake holder desa Pampang menyadari pentingnya interaksi manusia dan lingkungan. Konsep Human Environment Interaction (HEI) adalah interaksi antara sistem sosial masyarakat dengan ekosistemnya. Untuk menganalisis Interaksi Lingkungan- Manusia, penting untuk menyadari karakteristik khusus dari sistem sosial manusia. Jenis masyarakat sangat mempengaruhi sikap masyarakat terhadap alam, perilakunya dan berdampak terhadap ekosistem. Karakteristik penting dari sistem sosial manusia adalah ukuran populasi, organisasi sosial, nilai, teknologi, kekayaan, pendidikan, pengetahuan. Nilai-nilai dan pengetahuan sangat mempengaruhi "pandangan hidup" orang dan akibatnya menentukan cara orang bertindak. Pilihan tindakan yang mungkin kemudian dibatasi oleh teknologi yang tersedia. Dengan HEI memperkuat profil desa dan kompetensi SDMnya, seperti Taman Bendowo sebagai Ruang Hijau untuk warga, Wisata Agro, Galery Kampung Perak, Omah Jamu Pendowo, Angkringan sebagai wisata kulinernya.

Desa ekowisata Pampang yang menggandeng STIEPARAPI Yogyakarta sebagai pendamping di bidang pendidikan, memprioritaskan pembangunan manusia dengan menyelenggarakan salah satu paket wisata Edukasi untuk anak-anak TK, SD, dan SMP. Paket ini mempunyai tujuanĀ bahwa pemahaman dan kesadaran tentang lingkungan sudah ditanamkan sejak usia dini. Tidak hanya tentang pengetahuan, alam namun juga menjadi dasar kebersamaan dalam setiap rombongan. Adapun paket lain yang dikemas adalah paket konservasi dan rekreasi (Halfday and Fullday Tour ), paket Fun Game (Halfday Tour), dan paket belajar kerajinan perak dan jelajah desa (Halfday Tour). Dengan pemandu wisata yang profesional paket wisata ini akan memberikan jaminan bonus kenangan yang tak terlupakan serta lanskap selfie yang menakjubkan.

Keandalan paket-paket ini didukung dengan kompetensi semua elemen desa baik perangkat desa hingga pokdarwisnya, dengan banyak penghargaan yang telah diterima antara lain: Penghargaan dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi kepada Kepala Desa Pampang atas keaktifannya dalam pengembangan Desa Ekowisata Pampang, Desa layak anak tahun 2017, peringkat 6 besar lomba desa wisata tingkat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, juara 1 (satu) lomba kampung hijau yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul, juara 2 lomba kampung hijau tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan peringkat 3 besar lomba desa wisata tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2019.

Ada prestasi ada penghargaan - beberapa bantuan pembangunan yang diterima atas kerjasama pengelola dengan pihak-pihak terkait, antara lain taman rest area dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul, pembangunan camping ground hasil dari kerjasama Pemerintah Desa Pampang dengan Kementrian Pariwisata dan bantuan kendaraan untuk mendukung pengelolaan bank sampah.

Banyak literatur menyebutkan kunci sukses keberhasilan adalah harmonisnya hubungan antara pemimpin dan kemampuan bawahan dalam menerjemahkan gagasan pimpinan. Bijaksana yang tua dan kegigihan pemudanya. Demikian pula keberhasilan Desa Ekowisata Pampang didukung oleh kepala desa dan para pemudanya. Salah seorang dari pemuda dan pemrakarsa adalah Yitno Purwoko (08156873064) yang akan mengantarkan Anda berwisata di Desa Pampang untuk menikmati kunjungan terbaik, baik tempat, kegiatan dan waktu terbaiknya.