1 2 3 4
 

Visi dan Misi


 Visi dan Misi

Tercapainya mutu lulusan yang kompeten dan kompetitif dalam bidang manajemen pariwisata pada tahun 2021 di tingkat nasional”.

 

Program Studi Manajemen Pariwisata adalah suatu program studi yang mempelajari sektor pariwisata berbasis ilmu Manajemen. Program studi ini merupakan kombinasi dari ilmu, seni dan entreprenuership dengan pokok kajian di bidang pariwisata, yang ditujukan sebagai modal untuk membentuk lulusan yang memiliki jiwa pendidik, ilmu mengkaji dan ketrampilan mengelola di bidang pariwisata. Secara bertahap, maksud tersebut di kontribusikan kepada masyarakat pariwisata Indonesia dalam memberikan lulusan yang terbaik secara berkelanjutan sesuai perkembangan kepariwisataan Nasional.

Aspek terpenuhinya syarat sebagai Visi Program Studi Manajemen Pariwisata antara lain yaitu:

1)    Feasible, visi harus bisa dicapai dengan sumberdaya yang dimiliki dan sesuai dengan output program studi yang diharapkan.

2)    Meaningfull, memberikan arti positif dan optimis bagi pemegang kepentingan untuk melangkah ke depan

3)    Measurable, visi terukur dan memiliki tahapan jelas setiap periodenya yang memungkinkan setiap anggota organisasi mengetahui apakah visi dapat dicapai atau belum.

Dalam hal tersebut Visi dapat dijelaskan secara lebih rinci dan disusun dengan kriteria SMART (Specific, Measurable, Achievable, Rational, Timeline). Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

1)   Specific, dengan visi tersebut dapat menjawab ungkapan “what we are in” bahwa Prodi Manajemen Pariwisata adalah studi pariwisata berbasis ilmu manajemen. Sektor pariwisata tidak hanya diisi dengan pendidikan vokasi saja, namun dibutuhkan keahlian manajerial untuk mengelola lingkungan bersama aktivitasnya sehingga pembangunan pariwisata berjalan secara berkelanjutan. Prodi Manajemen secara spesifik berkonsentrasi pada fungsi manajemen pemasaran,yang dibekali bidang keilmuan dan penelitian. Lulusan Prodi Manajemen Pariwisata diharapkan memiliki kompetensi yang unggul, bertindak dengan kearifan lokal dan berwawasan global sehingga dapat mendharmabhaktikan untuk kepentingan bangsa dan negara.

2)   Measurable, visi Prodi Manajemen Pariwisata yang menyatakan lulusan kompeten dan kompetitif adalah sebagaimana seharusnya mereka belajar dan dan beradaptasi dengan lingkungannya sehingga membentuk insan yang siap berubah, siap bersaing dan siap berkembang. Ukuran kami adalah (1) proses belajar dan mengajar terorganisir, baik berupa jumlah tatap muka, koordinasi materi kuliah antar dosen dan hubungan baik antara dosen dan mahasiswa, serta tidak menyelenggarakan kuliah jarak jauh (2) Prodi memberikan layanan akademik yang prima, dengan service quality mereka akan lulus sesuai dengan target waktu dan hasil yang baik.

3)   Achievable, visi tersebut dapat terjangkau dan terwujud. Mendasarkan kondisi sebelumnya sebagai base line, yaitu tersedianya infrastruktur dan sumber daya manusia yang memadai.

4)   Rational, visi tersebut tidak terlalu berlebihan, karena bersifat khusus (specific), dapat diukur (measurable) dan dapat diwujudkan (achievable), maka visi masih relevan untuk diwujudkan. Tingkat keterukuran visi ditunjukkan oleh penetapan dan pencapaian standar mutu baik akademik dan non akademik. Keterwujudan visi ditunjukkan oleh pengakuan masyarakat terhadap alumni yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia pada bidang yang menjadi target yaitu Dinas Pariwisata, Guru dan Dosen dan bekerja pada sektor pariwisata.

5)   Timeline, Untuk mencapai visi Prodi Manajemen Pariwisata pada tahun 2021 telah diperhitungkan berdasarkan analisis SWOT dan indikator-indikator capaian. Hal tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Nomor: 002/KO/X/2011 Tentang Rencana Induk Pengembangan (RIP) STIE Pariwisata API Yogyakarta  Tahun 2011 sampai dengan 2021 dan Surat Keputusan Nomor: 029/KO/II/2012 Tentang Rencana Strategis (RENSTRA) Tahun 2012-2017 dan Surat Keputusan Nomor: 097/KO/III/2017 Tentang Rencana Strategis (RENSTRA) Tahun 2017-2021 STIE Pariwisata API Yogyakarta.

 

Visi tersebut diharapkan akan tercapai pada tahun 2021 dengan indikator utama keberhasilan diperolehnya keunggulan Prodi Manajemen Pariwisata  ditingkat regional dan nasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan indikator: (1) bidang pendidikan dan pengajaran, (2) bidang penelitian, dan (3) bidang pengabdian kepada masyarakat.

 

 

 

 

 

Bidang pendidikan dan pengajaran

1)     Meningkatnya kualitas input mahasiswa.

2)     Terwujudnya proses pembelajaran berbasis ‘komunitas’.

3)     Terwujudnya suasana akademis yang baik dalam mendukung proses pembelajaran.

4)     Terfasilitasinya kegiatan aktualisasi diri mahasiswa dalam mengembangkan soft skill dan kompetensi.

5)     Terwujudnya kegiatan pembekalan dan peningkatan kualitas lulusan.

 

Bidang penelitian

1)     Dihasilkannya tema-tema penelitian bidang pariwisata yang aktual dan strategis, yang menjadi pedoman kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa.

2)     Dihasilkannya penelitian yang berkualitas tinggi, yang menjadi rujukan pada taraf nasional dan Internasional.

3)     Diperolehnya HaKI dan hak paten serta terpasarkannya hasil-hasil penelitian.

4)     Terpublikasikannya hasil-hasil penelitian dalam berbagai media, baik cetak, elektronik maupun virtual.

 

Bidang pengabdian kepada masyarakat

1)    Teridentifikasinya dan tersusunnya skala prioritas persoalan-persoalan mendesak yang dihadapi oleh masyarakat khususnya pariwisata perdesaan..

2)    Meningkatnya jumlah dosen yang kepakaran dan keahlian dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna.

Terselenggaranya kerjasama kegiatan akademik (seminar, pendampingan, advokasi dan lain-lain) bersama mitra pengguna dalam rangka memenuhi kebutuhan dan menjawab persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

 

Misi Program Studi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang manajemen pariwisata dengan selalu meningkatkan mutu secara periodik.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah atau terapan yang berkualitas dalam bidang manajemen pariwisata.
  3. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan pariwisata melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Tujuan Program Studi:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian bidang manajemen pariwisata.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian/ pengkajian ilmiah atau terapan dibidang manajemen pariwisata.
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat berperan aktif dalam pengembangan pariwisata baik ditingkat daerah maupun nasional.

 

Adapun kompetensi yang diharapkan dari tujuan program studi diatas bagi mahasiswa dan lulusan adalah  dapat memiliki kemampuan dalam:

  1. Kemampuan dasar: menulis ilmiah dan kemampuan lisan. Dengan bekal kemampuan ini, diharapkan lulusan dapat menulis dengan baik dan benar, demikian pula mampu mempresentasikan kegiatan secara efektif.
  2. Kemampuan inti: dengan kemampuan inti, lulusan diharapkan dapat memiliki Penguasaan teori lmu manajemen dan pemahaman bidang pariwisata secara baik dengan tolok ukur mampu menganalisis dan meneliti suatu objek spesifik, terutama yang berhubungan dengan bidang pariwisata.
  3. Kemampuan lanjut: dengan berbekal kemampuan lanjut, diharapkan Lulusan dapat memiliki bekal kemampuan meng’arrange’ kegiatan  pariwisata di lapangan.