1 2 3 4
 


Selasa, 14 November 2017 - 10:39:35 WIB

STIE Pariwisata API Mendorong Daya Saing Pariwisata Masyarakat Desa

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Info Kampus - Dibaca: 46 kali



STIE Pariwisata API Mendorong Daya Saing Pariwisata Masyarakat Desa

Masyarakat dari berbagai latar belakang ekonomi dan sosial budaya banyak yang ingin terlibat di dalamnya termasuk masyarakat di pedesaan. Namun karena di dalam kegiatan pariwisata banyak terkandung aneka strategi bisnis dan model-model atraksi yang sangat dinamis di era kekinian maka tidak sedikit kelompok masyarakat yang belum bisa sukses di bidang ini. Melihat kondisi demikian, STIE "Pariwisata API" Yogyakarta terpanggil untuk memberikan dukungan dan konseling dengan kelompok-kelompok masyarakat yang tertarik untuk mengembangkan kepariwisataan di daerahnya khususnya masyarakat pedesaan.

Belum lama juga tim dosen dan mahasiswa STIE "Pariwisata API" ikut mendorong terbentuknya sebuah desa wisata bernuansa Geo park di Gunung Kidul. Tepatnya Desa Ekowisata Pampang, Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul. Bersama kelompok masyarakat yang lainnya dan penduduk desa saling bahu membahu untuk memasyarakatkan potensi wisata geo park pegunungan seribu dan potensi alamnya. Kegiatan ini sangat diapresiasi positif oleh pemerintah desa dan Pemda Kabupaten gunung Kidul serta diharapkan akan terus bergulir sebagai salah satu cara mensejahterakan masyarakat sekaligus melestarikan lingkungan.

Beberapa desa lain yang sebenarnya memiliki potensi yang sangat relevan dengan kegiatan kepariwisataan juga telah masuk dalam daftar rencana pembinaan dan kerjasama dengan STIE “Pariwisata API” Yogyakarta. Kesemuanya tinggal menunggu persetujuan dari beberapa pihak terkait. Kegiatan tersebut juga sejalan dengan kegiatan kuliah lapangan bagi mahasiswa agar mempertajam kepekaan mereka dalam penerapan ilmu yang diperolah di kampus. Pemerintah desa setempat juga sangat menyambut baik kehadiran STIE "Pariwisata API" dalam melaksanakan perannya sebagai agen perubahan khususnya memajukan pariwisata.

Ke depan STIE "Pariwisata API" akan terus menjadi agen perubahan di masyarakat melalui peran-peran dan pendampingan bagi pengembangan manajerial bisnis-bisnis pariwisata, khususnya pariwisata yang berbasis masyarakat. Hal ini dimungkinkan karena dosen di STIE "Pariwisata API" selain memilki latar belakang akademik juga sekaligus adalah para praktisi di bidang bisnis pariwisata atau peneliti dan analisis di berbagai lembaga riset terkemuka. Dalam situasi persaingan yang sangat ketat seperti saat ini pendampingan dan masukan-masukan dari perguruan tinggi sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar bisa mengimbanginya dan tercipta persaingan yang adil.

 

31 Oktober 2017



BERITA TERKAIT